Lebaran 2017 @Hom Hotel Kudus (1)

Tahun ini kami merayakan Lebaran 1438 H di Kudus. Bersama Ayah, ibu, Om dan adik-adik serta keponakan, saya booking 4 kamar plus satu ekstra bed untuk tanggal 24 Juni 2017. Kami menuju Kudus menggunakan 3 mobil.


welcome to @Hom Kudus

Tips: kalau mau stay pas lebaran booking hotel jauh-jauh hari. kami booking 6 bulan sebelumnya.


Lokasi @Hom hotel berada di tengah kota. Cukup dekat untuk menuju GOR tempat kami berencana sholat idul fitri besok pagi. Sekitar 10 menit lah naik mobil santai dari @Hom ke GOR Kudus.

Di belakang hotel sih ada masjid yang menggelar sholat ied, tapi kami memilih sholat di GOR aja, di tanah lapang.

lobby @Hom Kudus

Tepat di sebelah kanan hotel ada minimarket. Jadi kalo mau beli air minum atau snack sangat dekat. Area parkir hotel juga lumayan lah, di bagian belakang hotel juga ada lahan parkir.

view dari jendela kamar 319. kelihatan kan indomaret nya

Kami mendapat kamar di lantai 3. Ortu, Om serta adik saya yang no 2 dan anak-anaknya (keponakan saya) menempati kamar 307&308. Ini kamar konekting, ada pintu penghubungnya. Saya dan adik saya yang nomer 3 dapet kamar no 317&318. Konekting juga. Namun saya minta pindah, karena ternyata kamar konekting itu modelnya: 1 kamar dengan kasur besar, dan 1 kamar lagi dengan kasur twin alias kecil-kecil dua buah. Adik saya langsung menempati kamar 318 yang kasurnya gedhe.

Saya gak mau dong dikasih kamar 317, ntar tidurnya terpisah dengan suami.
Saya telpon resepsionis, minta pindah kamar yang big bed. Alhamdulillah dapet no 319, sebelahan sama adik saya.

Review Kamar

Menurut saya cukup lapang. Kamar mandi tidak luas, namun tidak terasa sempit. Tidak ada lemari baju, hanya tempat gantungan plus hanger. Ada jendela yang bisa dibuka. Kamar kami semua jendelanya menghadap ke jalan raya.

kamar 318

Fasilitas dalam kamar: tv layar datar dengan chanel terbatas (hanya ada beberapa chanel luar), kasur springbed dan 4 bantal (2 bantal tidur+2 bantal kotak), nakas (lemari kecil di samping kasur), telepon, thermos listrik, seperangkat kopi-teh-gula, 2 botol air mineral ukuran 600ml, 2 buah mug, 2 pasang sandal hotel dan kotak tissue.


Ada AC, tapi sayang gak ada kulkas. Entah dengan tipe kamar yang lebih mahal. Di kamar juga tersedia free wifi, tapi koneksinya kurang oke.

Selain nuansa kamar yang merah ceria, hal lain yang menyenangkan dari kamar ini adalah banyaknya stop kontak. Jadi kami gak perlu keluarin T (adaptor) untuk men-charge 2 handphone dan 1 laptop.

Fasilitas kamar mandi: tersedia 2 handuk warna putih, 2 buah gelas, dan bath kit berisi sikat gigi+odol mini, cottonbud, shower cap, sabun&shampoo. Air panasnya mantap. Gak pake lama. Bahkan air panas di wastafel pun berjalan baik. Di kamar mandi juga tersedia tissue toilet dan tempat sampah. Oiya, ada kran juga di area mandi, sangat memudahkan kami untuk wudhu.

kamar mandi. bentuknya segi lima

bath kit




Menikmati Malam Takbiran

Malam itu di Kudus turun hujan. Aah…gagal deh menikmati takbir keliling kalo hujan gini. Kami pun stay di kamar aja.

Jelang pukul 9 malam, hujan pun berhenti. Saya sedang asyik nonton tv saat terdengar suara musik gedumbrang-gedumbreng dari luar kamar. Kami pun langsung menuju jendela. Oww… ternyata ada pawai takbir keliling. Aseeek..


ikan dan bintang raksasa

Keponakan saya senang sekali. Posisi jendela yang cukup tinggi membuatnya harus naik ke kursi untuk melihat iring-iringan lampion raksasa berbagai model lewat di depan hotel. Ada lampion ketupat raksasa, ada gajah, bahkan ada barongsai. Sungguh pengalaman yang menyenangkan.

Setelah rombongan berlalu, kami pun siap-siap tidur karena besok harus berangkat pagi. Sholat ied di GOR dimulai jam 6.30 wib, setidaknya pukul 5.45 wib kami sudah harus keluar hotel.
Eh, hampir lupa. Baju musti disetrika dulu nih, biar licin. Setrika nya bisa pinjem hotel.

Sholat Idul Fitri 1348H

Perjalanan dari hotel menuju GOR cukup lancar. Pukul 06.00wib kami sudah parkir di luar GOR.



Beberapa orang menawarkan alas plastik seharga Rp2.500-Rp5.000 (ada yang besar dan ada yang ukuran kecil, pas untuk 1 sajadah saja). Maklum, semalam turun hujan, pastilah kondisi lapangan agak lembab.



suasana ied di GOR Kudus

Tak beda jauh dengan perhelatan sholat ied di Semarang, disini pun tukang balon tampak siaga. Hahaha… Langsung deh ponakan saya merengek: “Bun, mau balon gajah…”

Untung si bocah mau diminta sabar. “Ntar aja habis sholat yaa”, kata adik saya.


Sholat ied 2 rakaat berjalan lancar. Selesai sholat, khotib pun menyampaikan kutbah. Sekitar pukul 8pagi kami beranjak meninggalkan GOR. Ah, lega rasanya. Pengen cepet-cepet balik ke hotel…kebelet pipis. Hiks. Di GOR gak ada toiletnya.

Sungkeman

Sampai di hotel, saya pun buru-buru ke toilet. Ih…penting ya diceritain. Habis itu kita nyiapin (baca: beresin) satu kamar untuk acara sungkeman. Ya, begitulah tradisi keluarga kami usai sholat ied, sungkem (salaman dengan bersimpuh) kepada kedua orang tua. Mohon maaf atas dosa-dosa kami. Kali ini kurang leluasa karena rada sempit tempatnya, tapi tetap khidmat kok.
sungkem sama mama papa

Kelar sungkeman, kita pun foto dulu. Oh yes, meja kecil yang terletak di bawah tv emang luar biasa posisinya! Kamipun bisa meletakkan kamera dengan pas. Good job @Hom!

foto bareng @kamar 318

Sholat udah, sungkem udah, waktunya makaaan. Kami pun turun ke resto yang terletak di lantai 1, lantai yang sama dengan lobi hotel.

Breakfast Spesial

Lebaran gak komplit tanpa lontong opor. Alhamdulillah hotel ini begitu pengertian. Untuk breakfast disediakan menu lontong, ketupat dan opor ayam. Yummyy. Menu lain seperti puding, onde-onde, buah, cereal, nasi, dan omelet nya tak kalah menggiurkan. Papa saya nampak puas karena disini juga disediakan hot coffee, minuman favoritnya.

om saya selfie bareng set breakfast


Whats Next


  • Sholat ☑
  • Sungkem ☑
  • Makan ☑
  • Next? Tidur laah 😀  
Ya, terutama yang kebagian nyupir emang baiknya bobok dulu. Karena ntar jam 12 siang kita kudu cek out dari @Hom Kudus, lanjut ke Jepara. Pindah ke D’Season Bandengan Hotel. Yeaayy..

bersambung: Lebaran 2017 @D'Season Premiere Jepara (2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar