Persiapan Umroh Pertama Kali

Lanjutan dari memilih paket umroh

Tiket sudah siap. Tertera hari Minggu tanggal 11 februari 2018 kami dijadwalkan berangkat dari Semarang menuju Kuala Lumpur by AirAsia.


Umroh kami selama 13 hari; 2 hari malaysia, 5 hari di medinah, 5 hari di mekkah, 1 hari perjalanan pulang.

Awalnya agak bingung mau bawa berapa baju dan model serta warna nya gimana.



Ternyata,
Di Masjid Nabawi mirip kayak di mesjid kita aja. Orang memakai baju warna warni aneka model. Tidak akan tampak aneh karena di masjid ini lokasi sholat wanita dan laki2 terpisah. Jadi ada pintu dan ruangan khusus wanita, laki-laki dilarang masuk.




Nah, sholat bareng sesama perempuan semua gitu kan mau pakai baju yang gimana juga gak masalah...toh yang ngliat sesama ini.

Berbeda dengan di Masjidil Haram (kabah), dimana pakaian wanita didominasi warna hitam dan putih. Ini karena lokasi sholat laki2 dan wanita tidak terpisah. Ya gak nyampur jugak sih pas sholat...maksudnya gak terpisah itu gak dibatasi dinding atau partisi tinggi. Sehingga jamaah laki2 kadang lewat2 di area sholat para wanita. Pun sebaliknya.



Inilah kenapa wanita yang sholat di Haram cenderung pakai baju "biasa". Gak nyaman aja gitu kalo pake yang model2, ntar menarik perhatian.

*PAKAIAN*
Untuk umroh ini saya bawa 6 gamis, 3 kaos lengan panjang (untuk tidur), 4 celana panjang (2 untuk dalaman, 2 untuk tidur), 2 pasang kaos kaki, 10 celana dalam, 3 jilbab, 1 mukena, 1 seragam, 1 sandal hotel (yg putih tipis itu), 1 sepatu.

Saran saya, untuk seragam bikinlah model rompi panjang. Soalnya tiap tur diminta pakai seragam. Padahal tur nya beberapa kali. Kalau dibikin rompi kan enak, tinggal pakai gamis trus ditumpuk seragam deh.

Cuaca di Medinah sedang dingin. Ditambah hairdryer yang gak nyala, plus teman sekamar yang gantung cucian...butuh waktu 2 hari untuk baju tipis bisa kering.
FYI, laundry di medinah 5 real/baju 😌

Jadi, biar gak mikir cuci2, bawalah baju yang cukup. Baju saya itu kurang..masih harus nyuci 1 baju. Dan saya disana beli 1 abaya hitam. Ternyata ada lho yg ukuran saya.hahaha.

Abaya size S

Abaya saya pakai pas jalan-jalan dekat hotel atau ke mesjid. Dalamnya pakai kaos lengan panjang dan celana panjang. Praktis kan.

"Gak gerah kah?"

Enggaak... di medinah cuaca sedang dingin. Anginnya dingin. Di Mekkah panas, tapi gak gerah kok. Ini pengaruh kelembaban udara. Jadi meski HOT, tapi gak berkeringat.

Eits..yang bau badan tetep pakek deodorant yah. Meski gak berkeringat tapi tetep bau lho.
#pengalaman pribadi 🙊

Sepatu sangat nyaman untuk jalan2, sandal bawa aja yang ringan. Jadi kalau masuk masjid bisa dimasukin kresek terus masuk tas deh. Sandal hotel (yang putih tipis itu) merupakan pilihan yang tepat.

Kaos kaki bawa 3 pasang lah minimal. Jadi bisa buat ganti2. 1 pasang dikhususkan untuk sholat/umroh, yg lain untuk perjalanan. Kalo pake kaos kaki wudhu pastikan bisa nutup telapak kaki dengan sempurna.

Disana tuh orang sholat modelnya pake abaya+kaos kaki. Udah, gitu aja. Tapi saya gak mantep kalo gitu doang. Masih saya tambahi make sarung tangan yang untuk nutup punggung tangan (telapak tangan tidak boleh tertutup)
Sarung tangan sholat

Bawa mukena juga bagus. Sajadah tipis oke. Tapi mukena jangan tipis ya. Jika kebagian sholat di pelataran masjid ntar gak khusyuk...terbang2 tertiup angin.

Bawa peralatan mandi sendiri. Handuk yang kecil aja, buat jaga2 kalo di hotel ga dapat.

Untuk pakaian dalam, sebaiknya bawa sejumlah hari. Jadi gak perlu cuci2. Cepet kering sih, sehari bisa. Tapi kondisi capek masih kudu cuci2..hadeh..mending hemat tenaga. Bawa celdam yang sekali pakai itu juga sangat membantu.

Pantyliner perlu juga tuh. Dan bawa aja satu pack sekalian. Disana mahal soalnya.


*LOTION&OBAT*
Udara saudi yang kering akan bermasalah bagi anda pemilik kulit normal dan kering. Kalau berminyak macam saya, cukup aman.

Bawa pelembab. Obat gatal&alergi jika perlu. Kulit bersisik dan gatal-gatal banyak melanda kawan2 yang kulitnya kering.

Ga usah bawa parfum. Saat ritual umroh ga boleh pakai wangi2an.

Obat flu,obat tenggorokan, demam, batuk, koyo/salep capek, suplemen/vitamin, tolak angin, perlu juga tuh. Usahakan beli yang tablet aja. Kalau bawa yang cair ya ukuran kecil saja. Masukin jadi satu di plastik klip besar.

Jangan beli FGtroches ya! Itu ada antibiotiknya. Keseringan konsumsi FGtroches akan membuat bakteri di tenggorokan jadi kebal.

Untuk mengatasi radang tenggorokan beli yang SPtroches. Ingat ya: SP, bukan yang FG!!

*LAIN-LAIN*
Bawa gunting kecil. Untuk tahalul. Masukin ke koper besar. Kalau masuk tas kecil alias kita bawa ke atas pesawat gak boleh. Tapi kalo didalam koper yang masuk bagasi boleh.

Bawa T, colokan listrik kaki 3. Biar kalau mau charge HP gak repot. Di malaysia dan saudi kebanyakan kaki 3 colokannya.

Bawa permen atau snack kecil khas Indonesia. Buat apa? Buat dibagi2 pas di mesjid. Saya kemarin dikasih permen sama anak india yang duduk disebelah saya. Nyesel gak bawa sesuatu dari Indonesia...kan gak bisa ngasi balik.

Jangan lupa cukur bulu ketiak, bulu kemaluan dan menggunting kuku. Jadi pas ambil miqot gak perlu bersih2 lagi.

*UANG*
Nilai Real saat ini di Rp3600. Tapiii...susah nyari yang harga segitu. Rata-rata di Money Changer (mc) Indonesia jualnya Rp3800. Ada juga yang Rp4000.

Di medinah, tukar di mc dekat masjid nabawi dapet Rp3733. Di Mekkah, saya tarik tunai di ATM al bilad (al safwa tower) dapet Rp3611. Tapi kalo di atm kena biaya tarik 30ribu/penarikan. Kartu saya debit cimb niaga mastercard.

Kurs di money changer Medinah

Cari Money Changer resmi seperti ini di Medinah
Tarik tunai di ATM Al Bilad dekat Masjidil Haram Mekah

Bawa rupiah gak apa-apa. Pedagang sini banyak yang terima rupiah. Tapi musti hati2 sama konversinya. Kadang jatuhnya mahal, kadang jatuhnya murah.

*TELEKOMUNIKASI*
Ada 2 metode:
1. Beli kartu perdana di arab sana (mobily, stc atau zain)
2. Beli paket dari provider di indonesia.

Kemarin saya coba dua-duanya. Suami pake kartu lokal sana (mobily), saya beli paket umroh dari Three.

Dan menurut saya sangat praktis beli paket Three. Karena gak perlu pasang-pasang simcard lagi (di indonesia emang saya pake nya Three), harga lebih murah (125ribu untuk 10 hari), begitu touchdown bandara bisa langsung onlen (kalau beli kartu sana kan musti cari lapak nya dulu terus beli kartunya).

Kalo masalah sinyalnya sih sama aja karena Three juga pake nya jaringan Mobily.

Perdana Mobily harganya 30-40real. Nanti bisa dipaketin internet.

Saya rekomendasikan pake Three (3) untuk komunikasi selama di Mekkah&Medinah.

Tata cara mengaktifkan paket 3 umroh klik disini.

Baca: day 1-2-3 perjalanan umroh

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.
Saya upayakan menjawab 🙏






2 komentar:

  1. Sebagai mmasukan, kaos kaki sebaiknya bawa min 9 pasang, jd tiap hari ganti krn kalo di cuci juga lumayan lama keringnya dan ngggak ada tempat buat jemur2, apalagi kalo sekamar ber 4, swmua nyuci.

    BalasHapus