Susu Moeria Kudus

Pecinta susu segar wajib mampir ke susu Moeria, Kudus.


Awalnya susu Moeria (dibaca: Muria) adalah peternakan sapi yang berada di tengah kota. Tahun 2016 saya masih mendapati puluhan sapi betina dan 3 ekor sapi jantan disini. Baunya? Jangan ditanya. Meski kandangnya tergolong bersih, tetap saja bau rumput dan bau kotoran sapi tercium dari kedai susu yang letaknya hanya 10 meter dari kandang sapi ini.


Dua tahun terakhir, wajah peternakan susu Moeria berubah. Sapi-sapinya sudah dipindahkan ke area lain. Hanya ada sekitar 5 ekor sapi saja disini. Area duduk di kedai susu juga tampak lebih modern. Kedai susu di Jalan Pemuda, Kudus ini telah bermetamorfosis menjadi tempat kongkow yang cozy.



Lebaran tahun ini (2019), saya menyempatkan untuk mengunjungi susu Moeria.



Dari luar memang tidak ada perubahan berarti. Tembok dengan motif hitam putih kulit sapi dan plang kuno bertuliskan 'susu Moeria' masih sama seperti ketika proses pemerahan susu sapi berlangsung di tempat ini. Pengelola hanya mengubah tampilan kedai susu dan menyulap area kandang sapi menjadi foodcourt.


Food court
Disini tadinya kandang sapi

Saya senang karena pengelola membiarkan 2 ekor sapi 'tinggal' disini. Bahkan sekarang ada kelinci, 2 ekor anak sapi, dan juga kambing di mini farm yang terletak di area belakang. Lumayan buat hiburan anak-anak.

Sapinya di taruh di belakang

Mini farm
Masuk bayar Rp 3.000
Kasih makan sapi dan kelinci bayar Rp 5.000

Sapi belang-belang 

Kandang kelinci
Sayang kelincinya kelinci biasa, bukan yang model bulunya tebal gitu

Hayoo...anak sapinya mana cobaaa? 😁

Selain susu aneka rasa, di tempat ini juga menjual roti manis dan puding dengan merk Manna. Rotinya enak. Saya suka banget dengan sus fla-nya, roti pisang coklat, dan roti isi sosis. Pudingnya pun tak kalah segar. Hanya saja stok puding sangat terbatas. Terkadang ada yang berupa cup kecil, namun saya kerap mendapati yang ready adalah kemasan besar.

Jam operasional cafe adalah dari jam 6 pagi sampai 11.30 malam. Gak ada liburnya lho! Lebaran juga tetap buka. Ini untuk kedai susu ya, kalau foodcourtnya tergantung tenant. Ada yang buka pagi, ada yang buka siang.

Perlu diingat bahwa susu Moeria ini merupakan susu segar tanpa pengawet. Jadi kalau mau dibawa pulang, perhitungkan baik-baik waktunya. Susu hanya kuat berada di udara luar selama 4-5 jam. Kalau tidak segera masuk kulkas ntar basi.

Dengan harga yang sangat terjangkau (segelas susu rasa coklat Rp 7.500), lokasi yang strategis dan rasa yang endez, saya selalu menjadikan susu Moeria sebagai must visit place ketika mengajak keluarga wisata ke Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar