Baca Ini Biar Gak Nyasar di Masjidil Haram

Minggu, 18 Februari 2018. Hari ke 8 perjalanan umroh.

Capek semalam umroh, subuh ini saya sholat di kamar hotel. Kan, kata pembimbing umroh, sholat di kamar pun pahalanya besar..karena masih di area tanah haram.

**padune...saya malas 🙈**

Agenda hari ini adalah memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Pukul 07.30, saya turun ke resto hotel untuk sarapan.

Dan pagi ini 'nemu' telur ayam. Pas di Medinah lihat juga sih di supermarket. Alhamdulillah hari ini kesampaian nyobain. Lihat deh fotonya. Tampilannya mirip telur ayam kampung, putih dan agak kecil. Rasanya gimana? Rasanya kayak telur ayam.hahaha....

Telur arab

Begini penampakan si telur

Untuk menu sarapan, hotel menyajikan nasi dan lauk, aneka roti plus isiannya (selai&keju), buah, puding, serta susu hangat. Kalau menu makan siang dan malam gak ada roti dan isiannya, tapi diganti dengan aneka salad.

Setiap pagi ada buah zaitun hijau dan hitam

Kelar sarapan, kami istirahat di kamar. Lemesin kaki.

Jelang dhuhur, saya dan suami siap-siap untuk sholat dhuhur ke Masjid.

Ibu-ibu kece. Udah siapin kacamata hitam.
Tau aja kalau silauuu
Dari hotel jalan bareng sama beberapa ibu. Saya sudah bilang kalau saya mau sholat dekat ka'bah, makanya sengaja berangkat awal (20 menit sebelum azan). Rupanya ibu-ibu ini mau ikut masuk masjid bareng saya. Biasanya pada sholat di pelataran aja, ga mau masuk karena kejauhan...kakinya gak kuat.

Untuk bisa sholat di lantai yang sama dengan ka'bah, memang harus datang awal. Jika azan sudah dikumandangkan, kadang kita gak boleh masuk ke lantai dasar, lantai dimana ka'bah berada.
Yang perempuan terutama...kalau yang laki-laki seringnya masih boleh masuk.

Setelah sampai di lantai dasar, saya masih harus puter-puter cari posisi biar bisa sholat sambil lihat depan...lihat ka'bah. Soalnya beberapa lokasi ditutup triplek, sedang ada perbaikan. Jadi ya ka'bahnya ga kelihatan.

Lokasi sholat pria dan wanita terpisah, tapi gak disekat tinggi sih. Cuman di kelompok-kelompokkan aja. Bagian sini untuk wanita, sebelah sana nya untuk pria. Jadi pria dan wanita pada sliwar-sliwer di satu lokasi. Gak seperti di Masjid Nabawi yang areanya benar-benar terpisah antara pria dan wanita.

Karena lokasi nya yang tidak terpisah ini, maka di Masjidil Haram ini saya sering melihat ibu-ibu tua yang masuk masjid sambil digandeng putra nya. Ah...so sweet

Aah...

Siang ini saya cukup beruntung karena bisa masuk ke dekat area tawaf. Jadi ka'bah nya langsung ada di depan mata, tak terhalang tiang tembok 😍
Tapi karena beratap langit maka konsekuensinya ya sholat sambil nahan panas dan silau (kasian juga sama ibu-ibu yang ngikutin saya...).

Puanas banget disini
Selesai sholat dhuhur, saya dan 4 ibu balik ke hotel. Makan siang.

Balik hotel
Gedung pertama di kanan itu hotel kami

Uoo..ada rawon di menu makan siang
Merasa kaki sudah lumayan kuat, saya ajak suami untuk jalan-jalan di pertokoan dekat pelataran masjid.

Sekitar pukul 14.00, kami pun menyusuri satu gedung dekat situ. Ada toko kurma, toko souvenir, toko sajadah, toko kue, toko baju, dll. Banyakan sih jual baju dan souvenir.

Untuk harga menurut saya lebih mahal daripada di Medinah. Kurma&coklat beli di Medinah aja deh. Bagus2 dan murah. Tapi kalo baju (abaya), di Mekkah ini modelnya cantik-cantik. Harga nya yaa dikisaran 80-150real.

Baru jalan sebentar kok beberapa toko dah mulai tutup. Lihat jam, 15.00, rupanya udah pada siap-siap mau asar. Azan asar jam 15.52 waktu Mekah. Sama seperti di Medinah, jika tiba waktu sholat maka toko-toko akan tutup sementara.

Tetiba mata ini melihat abaya hitam dengan hiasan warna emas. Duh..cantiknya. Mirip dengan yang saya beli di Medinah.

Tercantum harganya 80 real. Saya tawar 50 real ternyata boleh 😍
Pas mau bayar, kok duitnya gak ada. Ke ATM dulu deh ambil duit.

Ambil di ATM AlBilad
Pake kartu debit mastercard
ATM disini menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Karena terburu-buru (sudah berkumandang azan), saya gak terpikir untuk merekam langkah-langkah mengambil uang di ATM. Intinya masukkan pin, lalu klik saving, withdrawl, pilih nominal. Kalo gak salah begitu urutannya.

Cek kurs

Kurs nya bagus juga. Saya cek: Rp 3.613. Murah kan. Tapi ingat, ada biaya penarikan sebesar Rp30.000/penarikan. Usahakan sekali narik dalam jumlah banyak, jangan narik dikit berkali-kali. Karena ambil banyak atau sedikit toh biaya nya sama: 30ribu.

Setengah berlari, kami menuju masjid. Alih-alih balik ke hotel, kami malah cari toilet masjid untuk wudhu. Dan ini pilihan yang salah! Waktu saya habis untuk nyari-nyari toilet wanita.

Seperti yang saya sampaikan di tulisan sebelumnya, toilet di masjidil haram letaknya jauuh. Dan antara toilet laki-laki dan perempuan terpisah sekitar 50 meter. Kalau dilihat sepintas ya bangunan 2 toilet ini berdekatan. Tapi pas didatangi...wew..kaki ini lumayan capek juga.

Alhasil kelar wudhu sudah terdengar iqomat. Kami harus puas sholat asar di teras aja...gak bisa masuk.

Sholat asar di teras dekat area sa'i
Selesai sholat, saya ajak suami masuk ke lantai 1 masjid. Saya kepingin tau seperti apa suasana di lantai 1, sekalian menghafal area masjid.

Kami masuk dari Ismail Gate (Gerbang Ismail). Disini saya baru tau kalau di tiap gate ada fasilitas plastik untuk tempat menyimpan sandal. Cuman sepertinya laris banget..jadi cepat habis. Di gate lain seringnya nemu 'tiangnya' doang.

Tiang tempat plastik sandal

Kayak gini nih plastiknya

Di lantai 1 ini ada beberapa orang, baik yang berjalan maupun memakai kursi roda, yang sedang tawaf. Ada lampu hijau dan papan petunjuk "TAWAF START HERE".

Lampu hijau bergelantungan di sebelah kiri

Saya harus berjalan ke arah balkon untuk melongok melihat ka'bah. Jika dapat posisi sholat di pinggir gini, ka'bah bisa lumayan kelihatan. Meski terhalang oleh tiang-tiang penyangga atap.

Dan jika masuk waktu sholat, area depan ini 'dikuasai' kaum lelaki. Yang wanita harus puas sholat di belakang, dimana ka'bah nya gak kelihatan...yang nampak cuma tiang-tiang.

Beginilah pemandangan ka'bah dari ujung balkon lt 1
Ini udah posisi paling mentog, gak bisa maju lagi

Jadi, bagi saya lebih mantap sholat di lantai dasar. Bisa melihat ka'bah dengan leluasa. Pun saat saya kebagian di shaf paling belakang, di lantai dasar tuh ka'bah nya masih tampak jelas.

Jelang pukul 17.00 kami menuju hotel. Dan 1 jam kemudian, pukul 18.00, kami jalan lagi ke masjid untuk persiapan sholat magrib.

Bisakah sholat di dalam? Alhamdulillah bisaa. Tapi keluarnya yang mutar-mutar.wkwkwk...

Kubah masjid, arah pintu gerbang king fahd

Disini saya belajar bahwa saat masuk lantai dasar saya harus menghafal bagian mana dari ka'bah yang saat itu terlihat. Karena setelah sampai lantai dasar, saya biasanya jalan ke arah kanan atau kiri, mencari posisi sholat yang bisa tampak ka'bah dengan jelas.

Nah, jalannya ini tak terasa bisa jauh lho. Jika habis sholat saya langsung keluar (naik tangga terdekat), maka saya akan nongol di gate yang berbeda dengan arah masuk tadi 😢

Contoh nya seperti gambar dibawah ini.
Saya masuk dari gate king abdul azis. Ini gerbang yang paling dekat dengan hotel saya, Al Massa Hotel.
Lalu setelah turun dan jalan-jalan di lantai dasar, ternyata pas naik nongolnya di gate king fahd 😣

Huhuu...dari gate king fahd ke king abdul azis jaraknya 50 meter 😭
Maka, biar mudah, saya hafalin dimana posisi masuk saya dengan melihat ka'bah. Jika saya masuk (turun) dan melihat hajar aswad, maka sebelum keluar (naik), saya harus balik ke arah hajar aswad dulu...baru keluar (naik). Dengan begini pintu masuk dan pintu keluar saya pun sama. Horeey.

Ah..magrib ini kaki terasa lelah sekali karena keluar dari gate yang salah. Maka setelah makan malam, saya sholat isya di kamar. Dilanjut dengan tidur.

Menu dinner

Ada menu sapi lada hitam dan ikan asin

Yang kuning puding caramel
Yang putih puding halwa

Besok ada jadwal city tour Mekah. Klik disini.