Begini Rasanya Umroh Jam 00 dini hari

Sabtu, 17 februari 2018, kami packing koper. Sesuai instruksi pemimpin rombongan, jam 10 pagi koper-koper harus sudah siap. Jam 12.36 kami sholat dhuhur berjamaah di masjid Nabawi, lanjut sholat asar jamak qosor, kemudian makan siang di hotel, dan jam 1 siang siap-siap cek out.


Koper di letakkan depan kamar

Jadwal sholat 5 waktu

Kunci kamar diserahkan ke travel, lalu kami menuju bis yang sudah standby. Bawa badan aja, kopernya sudah diurus oleh travel.

Bye bye hotel Madinah

Pukul 2 lebih sedikit, bis melaju ke arah masjid bir ali untuk mengambil miqot. Jarak dari hotel ke masjid bir ali tidak terlalu jauh, sekitar 30 menit aja.

Masjid Bir Ali
Gerbang masuk Bir Ali

Toilet dan tempat mandi
Satu blok ada 2 tempat mandi (shower) dan 1 toilet

Seharusnya disini kami mandi besar dan berniat miqot. Tapi oleh habib pembimbing, kami sudah diminta mandi besar dari hotel. Sehingga di masjid bir ali tinggal ambil niat miqot aja.


Kompakan pake putih-putih
Saya yang mana hayooo 😂

Peserta putra sudah pakai baju ihrom. Kalau yang putri bajunya biasa. Gak harus baju putih yaa. Warna lain boleh kok. Larangan seputar pakaian hanya masalah tidak boleh pakai cadar dan telapak tangan harus terbuka. Gak boleh pakai wangi2 (parfum).

Pakai deodorant boleh kah? Boleeeh. Karena tujuannya kan untuk menghilangkan bau badan, bukan untuk wangi-wangi.

Pakai sepatu boleh kah? Boleeeh. Bahkan kita diminta pakai kaos kaki.
Yang gak boleh pakai sepatu adalah laki-laki. Karena tumit mereka gak boleh tertutup.

Setelah miqot, kita gak boleh potong kuku dan potong rambut. Awas nih buat yang sering gak sadar gigit-gigit kuku dan klitekin bibir kering  😛

Dari masjid Bir Ali, kami lanjut ke Mekah.

Siap-siap menuju Mekah

Memasuki waktu magrib, bis menepi di semacam rest area. Ada warung2, ada masjid juga. Kami sekedar mampir pipis. Diputuskan untuk sholat magrib dan isya di Mekah saja, supaya masih bisa makan malam di hotel.

Toilet&masjid ladies di 'rest area'
Uantrii

Jam makan malam berakhir di pukul 10 malam. Lha kalau berhenti sholat dulu maka bisa-bisa nyampe hotel Mekah lebih dari jam 10 malam. Gak kebagian makan ntar.

Al Massa Hotel
Alhamdulillah sekitar jam 9 malam kami sampai di hotel. Hotelnya bagus. Restonya juga bagus. Katering dari pihak hotel, bukan dari luar.

Resto Al Massa


Sekitar jam 10 malam, kami mulai masuk ke kamar masing-masing.

Room 910 hotel Al Massa
Pelataran masjid, difoto dari jendela kamar 910

Satu jam kemudian kami kumpul di lobi untuk menuju masjidil haram.

Jam 11 malam lebih sedikit, kami melaksanakan sholat magrib dan isya. 30 menit kemudian rombongan menuju ka'bah untuk memulai prosesi umroh.

Sudah menginjak jam 00 dinihari, tapi yang tawaf masih banyak aja lho.

Tawaf dimulai dari sudut ka'bah yg terdapat hajar aswad. Lihat sebelah kanan aja, ada lampu hijau penanda awal start tawaf.

7 kali kami mengelilingi ka'bah. Ritual tawaf ini sama dengan sholat, jadi kita harus dalam kondisi berwudhu dan tidak batal sampai selesai 7 putaran.

Boleh ngomong kok. Tapi yang baik-baik ya.

Saya menengok ke arah hajar aswad...beuh...berjubel gitu. Kapan sepinya 😅

Selesai tawaf 7 putaran, kami sholat 2 rakaat dibelakang maqom ibrahim. Lalu minum air zam-zam yang ada di jalan ke arah tempat sai.

Saya sih gak minum...sebenarnya haus, tapi takut kebelet pipis. Boleh aja pipis dulu, dan sai tidak harus dalam kondisi suci. Tapi toiletnya jauh dan entah dimana 😔
Nahan aja deh. Takut ketinggalan rombongan juga.

Kalo tempat wudhu ada di dalam masjid. Kalau toilet, sudah pasti ada di luar.

Setelah drama 1 orang ibu menghilang, kami pun lanjut sai. Dimulai dari bukit shafa menuju bukit marwah.

Tempat sa'i terlihat penuh
Tapi pas udah masuk ya biasa aja

Lorong sa'i ini adem, lantainya marmer, disebelah kanan kiri ada dispenser air zam-zam. Kalau haus tinggal minum..kalo capek boleh istirahat dulu.

Pun begitu, rasanya cuapek juga telapak kaki ini jalan riwa-riwi 7x 😥

Gak kebayang gimana ibu Hajar mondar-mandir beratap panasnya langit plus debu.

Kita sih mending, tau kalo setelah 7x bakal kelar ritualnya. Kalau ibu Hajar kan enggak. Beliau gak tau kapan bisa berhenti. Beliau gak bisa apa-apa selain mondar-mandir sambil gendong putranya berharap ada air. Ya Allah....😭

35 menit kemudian akhirnya kelar juga ritual sa'i. Hitungan ke 7 berakhir di bukit marwah. Kami naik ke puncak bukit Marwah, berdoa disana sambil hadap ka'bah. Bukit marwah adalah salah satu tempat mustajab untuk berdoa.

Bukit Marwah
Wefie di bukit Marwah

Rangkaian umroh ditutup dengan tahalul alias potong rambut. Kita potong sendiri, dikit aja, minimal 3 helai. Kalau mau minta tolong potong ke orang lain, pastikan yang motong sudah tahalul yak. Gak sah jadinya kalo yang motong belum tahalul.

Alhamdulillah...kelar sudah ritual umroh. Hampir jam 3 pagi saat kami keluar dari Masa'a (tempat sa'i). Sambil jalan kok mata ini tertuju ke tulisan WC 😄Waw..bahagianya..belok langsung dah.

Habis dari WC, rombongan dah pada ngilang. Udah pada duluan ke hotel. Gak apa-apa lah, saya dan suami jalan pelan-pelan menuju hotel. Hotel kami deket banget. 10 menit kemudian kami dah sampe hotel.

"Katanya deket, kok 10 menit?"


Iyaa...jalannya kayak penganten baru: pelan-pelan.wkwkwk... Selain capek, jarak dari Masa'a ke pelataran luar masjid tu jauuh. Kalau dari pelataran ke hotel sih 1 menit juga nyampe.

Foto jam 2 dini hari di pelataran masjid
kelar umroh, otw menuju hotel
Masuk kamar, langsung bobok. Lumayanlah dapet 2 jam. Ntar jam 05.30 harus bangun untuk sholat subuh.

Etapi dua ibu temen sekamar kok belum balik ya? Perasaan tadi mereka kelar duluan.

5 menit kemudian mereka ketuk-ketuk pintu kamar dan cerita kalo nyasar! Ya Allah...hotel sedeket gini kok ya masih nyasar...

"Tadi kan sudah dikasih tau kalau ambil patokan zam-zam tower. Ibu lupa?", tanya saya. Zam-zam tower adalah jam tinggi menjulang yang tampak dari jarak puluhan kilometer.

"Saya tidak ingat. Ingatnya lepas dari pelataran lalu belok kiri. Ternyata kami kebablasan", jawab 2 ibu usia 50 tahunan ini.

Alhamdulillah ada 2 anak muda yang nunjukin jalan.

Menurut 2 ibu ini, jauh lebih mudah ngapalin toilet daripada ngliat tower zam-zam.

"Di ujung pelataran ada toilet pria bertuliskan angka 3 besar sekali. Jika sudah melihat toilet angka 3, tinggal belok kiri, udah kelihatan hotelnya", begitu pengalaman si ibu.

Hmmm...masukan buat saya. Besok-besok kalo bawa rombongan umroh, kasih pertanda pake nomor toilet aja 😁

Enough for today... Waktunya bobok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar