Merasakan lapangnya Roudoh dan sholat jumat di Masjid Nabawi

Tidak puas dengan acara ke roudoh semalam, pagi ini jumat 16 februari 2018, saya pergi lagi ke roudoh. Mumpung disini kan ya.

Tak mau duduk antri lama, saya memilih masuk pas pukul 8 pagi (jadi gak ngendon dari kelar subuh). Habis solat subuh saya balik hotel dulu. Sarapan. Setelah sarapan, jam 8 saya menuju roudoh.



Sampai di dalam masjid saya lihat kok orang lari-lari. Eeealah...ternyata pintu nya (partisi) dah mau ditutup. Sayapun ikutan lari ke dalam. Alhamdulillah masih bisa masuk.

Jadi saat saya masuk, rombongan yang ada diantara 2 partisi sudah dipanggil menuju ruangan kedua. Saya pun hendak menyusul kesana saat saya lihat didekat saya ada ibu-ibu turki yang berjalan pelan dorong kursi roda.

Saya langsung ingat mama saya 😑. Akhirnya saya membatalkan niat ikut antri ke rombongan melayu dan memilih mendorong si ibu.

Ngomongnya ke si ibu pake bahasa apa? Bahasa tubuh sodara-sodara alias main tunjuk 😂

Selfie sama mama turki
Barisan kursi roda terpisah dengan barisan yang semalam saya ikuti. Roudohnya pun ternyata khusus, bersebelahan dengan roudoh untuk yang non kursi roda.

Line antrian kursi roda
Saya masih berada di antrian kursi roda saat rekan2 rombongan melayu lewat. Ah..harusnya saya disitu tuh..Andai ikut yang itu dah nyampe roudoh dah...

Yang sebelah kiri itu rombongan yg udah pada kelar dari roudoh
Saya di line kanan, masih dorong kursi roda
Tak apalah kalau blm bisa ke roudoh. Besok masih ada waktu. Begitu batin saya.

Saya gak mungkin ninggalin si ibu. Kasian. Meski si ibu masih mampu jalan, saya merasa bersalah jika meninggalkan beliau begitu saja.

Menit demi menit berlalu. Kursi yang saya dorong sudah berjarak 5 meter dari roudoh.

"Oooh..ya Allah...lapangnya roudoh kursi roda ini. Bisa kah aku ikut sholat disitu? Kayaknya bisa deh. Pengantar lain pada bisa kok", hati saya girang.

Perhatikan karpet hijau
Itu roudoh untuk kursi roda
Yang disebrang sana, dibalik kain putih, adalah roudoh untuk non kursi roda

Lha kok mendadak ada wanita muda turki nyamperin si ibu sambil nangis-nangis. Kayaknya anaknya si ibu. Si ibu (juga) sambil nangis cerita gimana dia bisa sampai ke antrian ini (nunjuk2 saya).

Setelah itu si anak langsung standby di belakang kursi ibunya. Giliran saya yang bingung.hahaha... Roudoh udah di depan mata nih. Masa saya keluar? Tapi mo masuk gimana, kan sekarang posisi saya bukan pengantar?

Bismillah, saya pamit ke ibu dan anaknya itu. Ga enak kalo ngintilin terus, ntar dikira saya minta upah.

Perlahan saya jalan ke antrian terdepan. Lalu masuk ke area roudoh kursi roda. Udah mo sholat disitu, tapi askar ada tanda-tanda ngusir 😛 Ya udah, saya pindah.

Mlipir-mlipir, alhamdulillah...masuk lah saya di area roudoh semalam, tempat non kursi roda. Kali ini karpet hijau nya tampak jelas! Horeeeyyy

Uooo..banyak tempat kosong 😍

Area cukup lapang dan lengang. Saya langsung sholat 2 rakaat. Nikmatnya...sholat tanpa khawatir terdorong dan terinjak.

Selesai sholat, saya masih bisa sih sholat lagi. Tapi gak enak sama askar. Dia udah teriak-teriak ngingetin kalo bentar lagi waktu sholat jumat.

Sekali lagi saya ucapkan doa: pengen bisa naik haji tahun ini.amiin.

Sekian menit menikmati melihat area roudoh, saya pun meninggalkan ruangan dengan rasa puas luar biasa.

Keluar dari area roudoh

Jam menunjukkan pukul 10.00 waktu medinah. Total 2 jam saya ngantri sampai keluar dari masjid nabawi.

Balik ke hotel, istirahat sejenak sambil tunggu waktu jumatan. Perempuan boleh ikut jumatan di masjid Nabawi.

Saya kurang awal datang ke masjid. Kebagian sholat di pelataran aja deh, gak bisa masuk ke dalam.

Penuh. Banyak laki-laki sholat di pelataran
Kotbah jumat nya gak lama, 30 menitan. Sama seperti disini.

Kelar jumatan, saya balik ke hotel. Mau makan siang dan selonjoran. Saya lihat beberapa kawan satu rombongan menuju ke antrian roudoh. Saya gak ikut. Dah cukup puas lah tadi pagi di roudoh. Kasi kesempatan buat yang lain aja.

Next: day 7 perjalanan umroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar